By innez  Article Published 01 March 2016
 
Bagaimanapun menjalankan bisnis, jika kita berbicara tentang teknologi masa kini, maka yang akan muncul di benak kita adalah bisnis online. Sudah bukan hal yang asing dan sulit lagi mengoperasikan smartphone dan mengakses berbagai situs yang kita inginkan. Mengunggah dan menginformasikan apapun melalui sosial media sudah bukan hal yang sulit dilakukan. Itu sebabnya, banyak para pebisnis dengan feeling yang cukup kuat dan nyali yang cukup besar, mengambil terobosan untuk menjalankan bisnis online mereka melalui sosial media, seperti contohnya Instagram.
Jika memang dulu Instagram hanya digunakan untuk mengunggah foto, kemudian video sampai kemudian berkembang menjadi media untuk berbisnis sekaligus promosi. Dengan lebih dari 400 juta pengguna dan lebih dari 80 juta pos setiap harinya, Instagram memberikan peluang besar bagi para pebisnis yang ingin mulai mengembangkan bisnisnya melalui sosial media.
 
Tapi, bagaimana sebenarnya cara memaksimalkan Instagram yang difungskan sebagai media berjualan atau bisnis? Apakah cukup hanya dengan mengunggah foto terbaik dan “Zingggggg” pelanggan langsung berebut membeli produk Anda? Tentu saja tidak. Karena ada banyak hal yang harus dilakukan untuk memaksimalkan Instagram yang kini sudah bisa multiple Account.
 
Apa saja kira-kira? Ini dia 9 tips MUJARAB dari Hubspot untuk Anda para pelaku bisnis online yang ingin sukses berbisnis di dunia online.
  1. Your Business Username
  2. Jika Anda memang benar-benar serius menggunakan Instagram untuk media berbisnis, maka mulailah dengan membuat akun yang diberi nama “nama bisnis” Anda. Nama bisnis ini sama halnya ketika Anda membeli domain dari sebuah provider untuk website Anda. Dengan nama bisnis yang sudah dipatenkan melalui nama domain atau akun Instagram, maka bisnis Anda akan lebih mudah dikenal dan dipercaya oleh customer. Pastikan Anda memberikan nama bisnis yang mudah diingat dan juga SEO untuk bisnis online Anda.

  3. Make Your Profile for Public
  4. Selain nama bisnis di akun Instagram Anda, maka jangan biarkan mereka kesulitan untuk mengikuti atau memfollow Anda. Di awal Anda memulai, biarkan siapapun mengikuti atau memfollow akun Instagram Anda. Jangan persulit mereka dengan terlebih dahulu meminta request karena akun Anda berstatus “private”.

  5. Your Business Name
  6. Setelah itu, cobalah untuk menuliskan apa nama bisnis Anda. Berikan penjelasan singkat apa yang Anda lakukan, informasi kontak yang bisa dengan mudah dihubungi. Dan ini sama pentingnya dengan foto profile. Yang juga harus sesuai dengan bisnis Anda. Jangan hanya karena bagus dan Anda suka, tapi tidak berhubungan dengan bisnis Anda lalu Anda pilih. Nama dan foto profile penting untuk memperkenalkan akun bisnis Anda kepada dunia.

  7. Add Links to Your Bio
  8. Selain biodata singkat, berikan juga link yang mengarah ke website atau blog bisnis Anda. Lebih menarik dan membuat pelanggan percaya ketika Anda menggunakan domain .com yang saat ini bisa Anda dapatkan murah di Jagoanhosting. Anda bisa menuliskan link yang nantinya akan otomatis mengarah dan membuat mereka semakin yakin untuk berbelanja di toko online Anda.

  9. Location
  10. Setelah melakukan setting di awal membangun akun Instagram, maka ketika Anda ingin mengunggah foto produk atau kegiatan yang berhubungan dengan bisnis Anda, sertakan juga lokasi dimana foto itu diambil. Akan lebih baik lagi ketika lokasi itu adalah lokasi dimana Anda menjalankan bisnis, seperti alamat toko Anda, alamat pabrik atau lokasi Anda berjualan di sebuah bazar. Biarkan mereka tahu dimana mereka bisa menemukan dan berbelanja secara langsung ke toko online Anda.

  11. Post Relatable, Inclusive Content
  12. Ada kalanya pengikut atau followers Anda jenuh dengan postingan produk yang Anda jual. Untuk mengantisipasi mereka unfollow, cobalah sekali-kali unggah foto seputar dunia dan sekeliling Anda. Bisa berupa motivasi, berita terkini sampai dengan jokes. Content yang menarik justru akan lebih banyak menarik orang untuk melihat dan bahkan tidak ragu untuk memfollow Anda

  13. Customize Your Posts
  14. Setelah itu, jangan lupa untuk memberikan tags tentang foto Anda. Anda juga bisa memberikan caption atau hashtag di bawah foto yang sudah Anda unggah. Dengan melibatkan caption yang menarik dan hashtag yang sesuai, maka pengikut Anda tidak akan pernah ragu memberikan nya untuk foto tersebut.

  15. Use High Quality Photos
  16. Untuk mendapatkan hasil yang banyak dan follower yang bertambah lebih banyak lagi, cobalah unggah foto terbaik yang Anda miliki. Anda bisa mulai belajar teknik pencahayaan atau pengambilan anggle untuk foto yang nantinya akan Anda upload di Instagram. Semakin menarik maka bukan tidak mungkin akan semakin banyak yang menyukai foto Anda.

  17. Call to Action Links
  18. Yang terakhir adalah jangan pernah melupakan Call To Action link di bawah foto atau di bagian caption. Jika memang Anda menawarkan produk, maka arahkan pengunjung ke halaman website yang berisi product tersebut. Atau bisa juga ke landing page khusus yang membuat mereka mengisikan data yang sangat penting untuk Anda. Pastikan tetap memberikan pilihan kepada mereka untuk melakukan tindakan setelah membaca caption foto Anda.

    Nah, begitulah setidaknya tips-tisp yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan akun Instagram bisnis Anda. Jangan khawatir dengan jumlah followers yang masih sedikit, lakukan banyak hal untuk membuat mereka datang dan mau memfollow akun Instagram Anda.

    Tapi ingat! Sebanyak apapun followers Anda di Instagram, bisnis online akan jauh lebih mudah dan nyaman ketika Anda memiliki toko online Anda sendiri. Anda seperti memiliki rumah yang bisa diberi alamat, nomor, diisi barang sesuka hati dan apapun aktivitas Anda di dalamnya akan jauh lebih aman. Itulah sebabnya, banyak pemilik toko online di Instagram yang melengkapi bisnis online mereka dengan website toko online instan yang sangat mudah dimiliki.



Related Article

"